Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Keterampilan berfikir Kritis Siswa Dengan Mempertimbangkan Motivasi Belajar (Study pada Kelas V SDN Tegalasri 01 Wlingi)
Banyak siswa yang kurang bersemangat pada saat proses pembelajaran dan beberapa siswa yang terlihat merasa jenuh karena sulit untuk menerima materi yang diberikan guru, maka sebagai seorang pendidik harus mempunyai kreativitas mengemas model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan berfikir kritis dengan mempertimbangkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Tegalasri 01 Wlingi. Metode penelitian yaitu kuantitatif. Sampel penelitian kelas VA (eksperimen) 20 siswa dan kelas VB (kontrol) 20 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes dalam bentuk pre-test dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes tulis yang diisi sebelum dan setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi pembelajaran secara bersama-sama dengan tingkat motivasi belajar sebesar 0,014 lebih kecil dari 0,05. Artinya H0 ditolak H1 diterima sehingga terdapat efek (pengaruh interaksi) antara pembelajaran yang menggunakan model mind mapping dan tingkat motivasi secara bersama-sama terhadap skor keterampilan berfikir kritis.
2132970/SB/2021 | KKI 372 ENI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain