Electronic Resource
Keefektifan Penerapan Teknik Bibliokonseling Untuk Mengurangi Perilaku Merokok Siswa Kelas VIII di SMP PGRI 01 Singosari
Perilaku merokok ialah, perilaku yang berbahaya bagi kesehatan, tetapi masih banyak orang yang melakukannya, bahkan orang mulai merokok ketika dia masih remaja. Siswa yang memutuskan untuk merokok pada hakekatnya tidak dapat terlepas dari pengetahuan, persepesi, nilai atau norma yang diyakini oleh suatu individu atau suatu kelompok yang akan mempengaruhi kepribadian seseorang. Dari pengataman tentang kebiasaan merokok pada siswa lebih karena faktor ingin mencoba-coba atau mengikuti trend pada kelompoknya, juga karena persepsi atau kepercayaan, seperti pada laki-laki merokok dapat meningkatkan keperkasaan lakilaki, dengan merokok akan kelihatan lebih gaul, atau merokok dapat menambah semangat belajar/bekerja, merokok dapat menghilangkan stres.
Perilaku merokok sangat berbahaya dan dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi perokok dampak jangka pendek yang di timbulkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan layanan teknik bibliokonseling untuk mengurangi perilaku merokok siswa kelas VIII di SMP PGRI 01 Singosari.
Metode penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental dengan design “One Group pre test-post test”. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan sampel yang diperoleh 9 siswa dengan kriteria memiliki tingkat perilaku merokok yang tinggi dan berjenis kelamin laki-laki. Skala pengukuran perilaku merokok dikembangkan oleh peneliti sendiri. Analisis data dengan menggunakan statistic non-parametric dengan uji jenjang ditanda wilcoxon (wilcoxon’s Signed Rank).
Hasil penelitian menunjukkan Zhitung adalah -2,668b dan signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,008. Dari hasil wilcoxon menunjukkan bahwa signifikan (2-tailed) 0,008 < 0,05 artinya layanan bibliokonseling dapat mengurangi perilakumerokok merokok siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bibliokonseling efektif untuk mengurangi perilaku merokok siswa. Dapat dianjurkan kepada guru BK untuk menggunakan bibliokonseling dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling terutama yang beraitan dengan perilaku merokok.
2132966/SB/2021 | KKI 371.4 LEL k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain