Electronic Resource
Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Fisika Melalui Model Collaborative Problem Solving Pada Siswa SMP Nasional Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan model Collaborative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Nasional Malang, (2) model peningkatan kemampuan kerjasama siswa kelas VIII SMP Nasional Malang melalui model collaborative problem solving, (3) model peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Nasional Malang melalui model collaborative problem solving. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dari hasil tes≥ siklus I diperoleh bahwa nilai rata- rata kemampuan kerjasama sebesar 72,50%. Dan memenuhi kriteria tinggi. Jika dilihat dari segi ketuntasan belajar siswa yang memenuhi KKM (75). Pada siklus I sebanyak 9 siswa atau 37,5% dari 24 siswa, (2) Dari hasil angket sikus II diperoleh≥ bahwa nilai rata-rata kemampuan kerjasama siswa sebesar 81,67%. Dan memenuhi kriteria sangat tinggi. Jika dilihat dari segi ketuntasan belajar siswa yang memenuhi KKM (75). Pada siklus dua sebanyak 20 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau 83,33% dari 24 siswa.(3) kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa pada siklus II 77,10%, yaitu memenuhi kriteria baik, ini berarti bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sudah kritis.
2132941/SB/2021 | KKI 530 OVE u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain