Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Fisika Kelas VII Di SMP PGRI 6 Malang
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ropes (review, overview, presentation, exercise, summary) terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa fisika kelas VII Di SMP PGRI 6 MALANG dan mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran Ropes dengan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 6 MALANG. Teknik penentukan sampel menggunakan simple random sampling, diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Metode penelitian adalah eksperimen semu (quasi Experimental Design), rancangan penelitian pada penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design, yaitu pemberian tes kepada kelas eksperimen dan kelas control yang dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan. Data keaktifan dikumpulkan melalui observasi dan data prestasi dikumpulkan melalui test. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji Anova Dua Jalur (Two Way Anova) menggunakan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara model pembelajaran Ropes dengan pembelajaran konvensional. Hal ini diperkuat oleh nilai keaktifan dan prestasi yang lebih tinggi dengan penerapan model pembelajaran Ropes dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya interaksi antara model pembelajaran Ropes terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Ropes lebih berpengaruh terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa.
2132931/SB/2021 | KKI 530 MAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain