Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Fisika Kelas VII Di SMP PGRI 6 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Fisika Kelas VII Di SMP PGRI 6 Malang

Vinsensius Man Un - Nama Orang; Muhammad Nur Hudha, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si. - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ropes (review, overview, presentation, exercise, summary) terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa fisika kelas VII Di SMP PGRI 6 MALANG dan mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran Ropes dengan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 6 MALANG. Teknik penentukan sampel menggunakan simple random sampling, diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Metode penelitian adalah eksperimen semu (quasi Experimental Design), rancangan penelitian pada penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design, yaitu pemberian tes kepada kelas eksperimen dan kelas control yang dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan. Data keaktifan dikumpulkan melalui observasi dan data prestasi dikumpulkan melalui test. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji Anova Dua Jalur (Two Way Anova) menggunakan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara model pembelajaran Ropes dengan pembelajaran konvensional. Hal ini diperkuat oleh nilai keaktifan dan prestasi yang lebih tinggi dengan penerapan model pembelajaran Ropes dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya interaksi antara model pembelajaran Ropes terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Ropes lebih berpengaruh terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa.


Ketersediaan
2132931/SB/2021KKI 530 MAN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MAN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xvi, 153 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar Fisika.
Keaktifan
Skripsi
Model Pembelajaran Ropes
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik