Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Matematika Kelas XI SMK PGRI Pakisaji
Berdasarkan hasil pengamatan penelitian ketika melihat proses pembelajaran di SMK PGRI Pakisaji, proses pembelajaran mateamtika masih menggunakan pembelajaran konfensional dalam penyampaian pembelajaran khusunya mata pelajran matematika. Hal ini dapat dilihat dari interaksi antara guru dan siswa kurang aktif. Poses ini mengakibatkan siswa prestasi belajar siswa cendrung belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh: (1) beberapa siswa terlihat tidak memperhatikan guru, (2) mengerjakan tugas pelajaran lain, (3) bercanda dengan teman sebangku, (4) menyandarkan kepala bahkan ada yang tertidur sampai mendapat teguran guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa matematika dikelas XI SMK PGRI Pakisaji.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kwlas XI SMK PGRI pakisaji pada smester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes prestasi belajar, observasi keterlasanaan pembelajaran, wawancara dan dokumentasi.
Hasil pembelajaran dengan model Student Facilitator and Explaining menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II prestasi ketuntasn belajar pada siklus I sebesar 65,21% dan pada siklus II menjadi 78,26%. Dengan demikian, peningkatan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 13,05%. Hal ini berarti berarti telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan temuan penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika melalui pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Disarankan pada guru bidang studi matematika untuk dapat menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
2132897/SB/2021 | KKI 510 BAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain