Electronic Resource
Pengaruh Kegiatan Melukis Terhadap Peningkatan Motorik Halus Kelompok A TK Pelita Hati Malang
Latar belakang permasalahan, pada saat melakukan observasi awal peneliti dapat mengetahui ada beberapa kendala dalam perkembangan motorik halus anak Tk A Pelita Hati Malang diantaranya anak kurang kosentrasi pada kegiatan yang diberikan guru , mudah beralih pada aktivitas lain seperti mengambil mainannya sementara kegiatan berlangsung, cepat bosan serta kaku dalam memegang kuas. hal tersebut dapat diketahui bahwa perkembangan motorik halus anak masih belum berkembang karena anak semuannya masih membutuhkan bantuan dari guru. Jadi perkembangan motorik halus anak TK A Pelita Hati Malang Masih belum berkembang dengan baik.
Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui adanya pengruh kegiatan melukis terhadap peningkatan motorik halus Kelompok A TK Pelita Hati Malang.
Metode Penelitian dalam Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan (quasi eksperiment) peneliti memakai metode pre-eksperimental one group pretest-postest, dengan jumlah sampel 21 anak terdiri dari jumlah peserta perempuan 13 anak dan peserta laki-laki 8 anak. Metode pengumpulan data menggunakan analisisnya menggunakan bantuan computer SPSS 22,0 yaitu uji instrument antara lain: uji validitas, realibilitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitiannya dari perhitungan statistik atau uji data terdapat angka signifikasi 0,000 dengan derajat signifikan 0,05. Adapun peningkatan pada hasil
kegiatan pretest dan posttest mengalami peningkatan nilai yaitu nilai pretest sebesar 04,76 % dan nilai posttest sebesar 33,33 %
Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemberian kegiatan melukis terhadap peningkatan motorik halus Kelompok A TK Pelita Hati
Malang. Sarannya untuk penelitian berikutnya diharapkan peneliti tidak hanya menggunakan penelitian one group pretest dan posttest, tetapi bisa menggunakan metode penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen dan juga untuk selanjutnya tidak hanya menggunakan dua variabel tetapi diusahakan melebihi dari dua variabel.
2132893/SB/2021 | KKI 372 NAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain