Electronic Resource
Pengaruh Strategi Modeling The Way Terhadap Hasil Belajar Dengan Mempertimbangkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SDN Bangkalan Krajan 1 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Modeling the way dengan model pembelajaran
konvensional; (2) mengetahui perbedaan kepercayaan diri siswa yang diajarkan menggunakan strategi Modeling the way dengan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui interaksi antara strategi Modeling the way terhadap hasil belajar dengan mempertimbangkan kepercayaan diri siswa kelas IV SDN Bangkalan Krajan 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel penelitian terdiri dari 28 siswa, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengambilan data menngunakan angket dan tes hasil belajar siswa kemudian dianalisis mennggunakan uji two way anova.
Hasil penelitian ini menunjukan (1) adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Modeling the way dengan siswa yang menggunakan
model pembelajaran konvensional ditunjukan dengan nilai sig 0,033 < 0,05 (H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh perbedaan); (2) adanya perbedaan kepercayaan diri siswa yang diukur dalam penelitian dengan menggunakan strategi Modeling the way dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai sig 0,006 < 0,05 (H0 ditolak dan H2 diterima yang artinya ada perbedaan); (3) adanya interaksi antara strategi Modeling the way terhadap hasil belajar dengan mempertimbangkan kepercayaan diri siswa dengan nilai sig 0,043 < 0,05 (H0 ditolak dan H3 diterima yang artinya ada interaksi).
2132884/SB/2021 | KKI 372 LIS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain