Electronic Resource
Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bebas Melalui Teknik Garis Pada Anak Kelompok ATK Rian Patal Lawang Kabupaten Malang
Menggambar bebas mempunyai pengertian menggambar dengan mengungkapkan ide, pikiran dan gagasan, dengan caranya sendiri tanpa takut
salah sehingga anak menghasilkan keunikan-keunikan dirinya, serta belajar mengenal siapa dirinya. Berdasarkan pengamatan pada TK Rian Patal Lawang
Kabupaten Malang, khususnya dalam kemampuan menggambar masih kurang kreatif. Anak masih cenderung meniru dan kurang adanya inisiatif sendiri. Hal tersebut dikarenakan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan teknik garis dalam meningkatkan kemampuan menggambar bebas anak
didik kelas A di TK Rian Patal Lawang. 2) Untuk mengetahui teknik garis dapat meningkatkan kemampuan menggambar bebas pada anak didik kelas A di TK Rian Patal Lawang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah anak
kelompok A di TK Rian Patal Lawang Kabupaten Malang yang berjumlah 12 anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik garis dalam kemampuan menggambar bebas pada anak didik kelompok A
TK Rian Patal Lawang Kabupaten Malang, serta dapat meningkatkan kemampuan menggambar bebas pada siklus I rata-rata 58,5%, dan siklus II 80,5%, mengalami peningkatan 22%, Sehingga seluruh anak didik sejumlah 12 anak dapat dikatakan tuntas dalam proses belajar dengan mencapai prosentase lebih dari 75%.
Kesimpulan penelitian ini adalah langkah-langkah menggambar dengan teknik garis dapat meningkatkan kemampuan menggambar bebas, hal ini
dibuktikan saat kegiatan menggambar dengan berbagai media dan berbeda tempat, ternyata anak-anak sangat tertarik dan dapat meningkatkan kemampuan menggambar bebas sesuai dengan gagasan atau ide anak. Saran bagi guru dalam penerapan teknik garis dapat dijadikan alternatif dalam mengajari anak dalam kegiatan menggambar bebas.
2132876/SB/2021 | KKI 372 FAT m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain