Electronic Resource
Analisis Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Anak Usia Dini Kelompok B di KB / TK Insan Kamil Gadang Malang
Model pembelajaran cooperative learning merupakan pembelajaran dalam kelompok-kelompok kecil yang peserta didik belajar bekerja sama untuk mencapai tujuan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji untuk meakukan kajian terhadap analisis penerapan model pembelajaran cooperative learning pada anak usia dini KB/TK Insan Kamil Gadang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk pengambilan data dilaksanakan dikelompok B3 KB/TK Insan Kamil Gadang untuk pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang difokuskan pada anak B3 yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Responden sumber data yaitu guru kelompok B3 yang berjumlah 1 orang. Berdasarkan hasil penelitian guru sudah menerapkan model pembelajaran cooperative learning pada anak usia dini dalam pembelajaran sehari-hari. Dari prosedur penjelasan materi, belajar dalam kelompok, penilaian dan pengakuan tim yang ada di model pembelajaran cooperative learning. Analisis model pembelajaran cooperative learning memerlukan kerja sama antara guru dan peserta didik, guru berperan sebagai fasilitator dalam hal penyediaan media pembelajaran, penataan ruangan kelas, sikap atau cara membuat anak dapat bekerja sama dalam kelompoknya serta sebagai pengawas ketika anak melakukan kegiatan pembelajaran. Sedangkan peran anak adalah sebagai pelaku dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Setiap kendala yang dihadapi oleh guru dalam membimbing anak dapat diatasi dengan sikap sabar dan tidak putus asa, sehi ngga penerapan moel pembelajaran cooperative learning dapat berjalan dengan baik. Kesimpulan dari hasil penelitian pembelajaran dengan medel cooperative learning pada anak usia dini pada umumnya didasarkan pada persiapan objek dan kegiatan yang akan dilaksanakan dari prosedur penjelasan materi, belajar dalam kelompok, penilaian dan pemakuan tim
2132867/SB/2021 | KKI 372 DAN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain