Electronic Resource
Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Singosari Malang
Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa demi keberhasilan belajarnya. Motivasi belajar meningkat apabila dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu fasilitas belajar di sekolah. Berdasarkan wawancara saat pelaksanaan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan), peneliti menemukan bahwa tingkat motivasi belajar SMP 2 Singosari masih cenderung rendah, hal tersebut dilihat dari daftar kehadiran siswa serta wawancara dengan guru tentang apa yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa di SMPN 2 Singosari.
Hasil wawancara peneliti mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kurangnya motivasi belajar antara lain adalah kurangnya fasilitas belajar, kurangnya guru, dan juga kondisi geografis sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka judul penelitian ini: pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMPN 2 Singosari
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa, tetapi karena keterbatasan dana, waktu, dan tenaga, maka peneliti hanya mengunakan sampel sebanyak 36 siswa. Sesuai teknik analisis yaitu metode angket yang digunakan untuk memperoleh data mengenai fasilitas sekolah dan motivasi belajar siswa SMPN 2 Singosari.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pengaruh fasilitas belajar (X) terhadap motivasi belajar (Y) siswa SMP Negeri 2 Singosari menunjukan bahwa adanya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai (Sig. = 0.000. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa nilai sig = 0.000 lebih kecil 0.005 (0.000 < 0.005) yang merupakan tingkat motivasi belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi motivasi belajar siswa selain fasilitas belajar di sekolah, sehingga dapat diketahui kontribusi yang diberikan untuk motivasi belajar.
2132865/SB/2021 | KKI 910 MED p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain