Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Singosari Malang

Electronic Resource

Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Singosari Malang

Selvianus Medin - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd - Nama Orang; Mustika Arif Jayanti, M.Pd. - Nama Orang;

Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa demi keberhasilan belajarnya. Motivasi belajar meningkat apabila dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu fasilitas belajar di sekolah. Berdasarkan wawancara saat pelaksanaan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan), peneliti menemukan bahwa tingkat motivasi belajar SMP 2 Singosari masih cenderung rendah, hal tersebut dilihat dari daftar kehadiran siswa serta wawancara dengan guru tentang apa yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa di SMPN 2 Singosari.
Hasil wawancara peneliti mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kurangnya motivasi belajar antara lain adalah kurangnya fasilitas belajar, kurangnya guru, dan juga kondisi geografis sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka judul penelitian ini: pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMPN 2 Singosari
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa, tetapi karena keterbatasan dana, waktu, dan tenaga, maka peneliti hanya mengunakan sampel sebanyak 36 siswa. Sesuai teknik analisis yaitu metode angket yang digunakan untuk memperoleh data mengenai fasilitas sekolah dan motivasi belajar siswa SMPN 2 Singosari.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pengaruh fasilitas belajar (X) terhadap motivasi belajar (Y) siswa SMP Negeri 2 Singosari menunjukan bahwa adanya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai (Sig. = 0.000. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa nilai sig = 0.000 lebih kecil 0.005 (0.000 < 0.005) yang merupakan tingkat motivasi belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi motivasi belajar siswa selain fasilitas belajar di sekolah, sehingga dapat diketahui kontribusi yang diberikan untuk motivasi belajar.


Ketersediaan
2132865/SB/2021KKI 910 MED p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 MED p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
viii, 61 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
Fasilitas Belajar
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik