Electronic Resource
Pengembangan Ensiklopedia Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Kebonsari 2 Kota Malang
Proses pembelajaran masih menggunakan bahan ajar yang seadannya tanpa adanya pengembangan, hal tersebut mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar. Dibutuhkan bahan ajar yang menarik dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar ensiklopedia bangun datar. Metode penelitian yang digunakan peneliti merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan model 4D dengan empat tahapan yakni: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Namun, peneliti akan menggunakan model 4D sampai dengan tahapan pengembangan. Subjek uji coba adalah 10 siswa kelas III SDN Kebonsari 2. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari angket ahli materi, ahli media, praktisi (guru) dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar ensiklopedia bangun datar menggunakan model 4D dan menyatakan bahwa bahan ajar ensiklopedia bangun datar memperoleh skor 86,6% dengan kategori efektif. Berdasarkan paparan hasil penilaian diatas bahan ajar ensiklopedia bangun datar dikategorikan “ Sangat Layak” dan “ Sangat Baik” digunakan dilapangan. Hasil pengembangan bahan ajar ensiklopedia bangun datar dapat dijadikan refrensi guru sebagai bahan ajar pendamping saat proses pembelajaran.
2132858/SB/2021 | KKI 372 ANA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain