Electronic Resource
Pengembangan Permainan Secret Trail Untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Desa Pamotan Kabupaten Malang
Kemampuan sosial emosional anak merupakan aspek yang penting dikembangkan dan diberi stimulasi, tidak hanya dengan menggunakan lembar kerja saja. Sehingga dibutuhkan kegiatan permainan yang dapat menunjang keaktifan dan bersosialisai anak. Salah satunya permainan secret trail merupakan suatu permainan yang dapat membantu aspek yang harus dikembangkan secara optimal.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah menghasilkan permainan secret trail yang layak digunakan untuk perkembangan kemampuan sosial emosional kelompok A di Taman Kanak-kanak Harapan Bunda Desa Pamotan Kabupaten Malang.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari 9 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk;
(4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, lembar observasi dan dokumentasi sebagai bukti kerterlaksanaan serta aktifitas anak. Teknik analisi data menggunakan skala Guttman (deskriptif) dengan persentase tabel kriteria tingkat kelayakan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap yaitu tahap validasi ahli materi, validasi ahli permainan, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional, memperoleh hasil yaitu, hasil presentase dari validasi ahli materi 96,05%, validasi ahli permainan 93,73%, sedangkan pada uji coba lapangan 91,66% dan 95% yang semua itu dalam kategori “sangat layak”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan secret trail layak digunakan, sehingga dapat dikatakan kegiatan permainan secret trail dapat mengembangkan sosial emosional anak.
Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan secret trail sudah layak dan sangat baik digunakan untuk perkembangan kemampuan sosial emosional kelompok A. Penelitian ini dapat menjadi masukkan dan bahan pertimbangan guru dalam mengajar pembelajaran aspek perkembangan sosial emosional anak dan sebagai bahan untuk meneliti lebih lanjut mengenai permainan secret trail untuk aspek perkembangan lainya.
2132837/SB/2021 | KKI 372 RAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain