Electronic Resource
Pengembangan Modul Kubus dan Balok Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Modul Kubus dan Balok merupakan bahan ajar cetak berisi tulisan dan dirancang agar siswa belajar mandiri dan didesain menarik dengan mengaitkan pada etnomatematika yang ada di Indonesia.Etnomatematika merupakan sebuah pendekatan yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antar budaya lingkungan dan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan kemenarikan modul kubus dan balok berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluate). Analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penilaian kelayakan modul ini adalah penilaian dari dua validator memperoleh skor rata-rata 82,5% dikategorikan sangat layak. Hasil penilaian kepraktisan memperoleh skor 85,0% dikategorikan sangat praktis. Hasil kemenarikan menggunakan angket terbuka untuk siswa memperoleh anggapan bahwa modul mudah dipahami, mudah digunakan, dapat menambah motivasi dan menambah wawasan tentang budaya, materinya jelas dengan tampilan yang bagus. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul kubus dan balok berbasis etnomatematika diklasifikasikan sangat layak, sangat praktis, dan menarik digunakan pada pembelajaran tingkat SD kelas V dalam materi kubus dan balok.
2132781/SB/2021 | KKI 372 ARD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain