Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-Examples Berbasis Project Citizen Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran PKN Kelas X di MA Al-Islam Bantur)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran example non-examples yang diintegrasikan dengan media pembelajaran project citizen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X di MA Al-Islam Bantur. Metode yang digunakan ialah quasi experiment dengan jumlah peserta didik sebanyak 44 yakni 22 kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan 22 kelas X-B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik clusterrandom, dengan semua populasi dijadikan sebagai sampel yang taraf kesalahannya sebasar 5%. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji data, peneliti menggunakan uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F. Dari pengujian yang sudah dilakukan pada uji T diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa. Sedangkan pada uji F diketahui nilai Sig. sebesar 0,02 < 0,05, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran example non-examples berbasis project citizen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X di MA Al-Islam Bantur.
2132776/SB/2021 | KKI 371.114 FAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain