Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Experiental Based Learning Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Eksperimen) Pada Pelajaran PKN Kelas VII SMPN 12 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Experiental Based Learning Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Eksperimen) Pada Pelajaran PKN Kelas VII SMPN 12 Malang

Isnia Putri Nabila - Nama Orang; Drs. Iskandar Ladamay, M.Pd. - Nama Orang; Ludovikus Bomans Wadu M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII setelah menggunakan Model Pembelajaran Experiental Based Learning di SMPN 12 Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII H yang berjumlah 64 siswa. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik simpel random sampling dan sampel dibagi kedalam kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Experiental Based Learning Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMPN 12 Malang. Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang yang dilihat dari hasil uji hipotesis. Dari data tersebut menunjukan perbedaan prestasi belajar yang sangat signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai kelas eskperimen 87,96% dan pada kelas kontrol 77,31% Perbedaan antar kelas eskperimen dan kelas kontrol juga dapat dilihat dari hasil post test yakni kelas eksperimen memiliki ketuntasan klasikal 100% dengan rata-rata nilai 90,75 dan kelas kontrol memiliki ketuntasan klasikal 60% dengan rata- rata nlai 71,96. Selisih perbedaan nilai rata- rata klasikal antar kelas eksperimen dan kelas kontrol 18,78 dan selisih ketuntasan klasikal antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 40%. Peningkatan prestasi belajar siswa tidak hanya berasal dari siswa melainkan kinerja guru dalam pembelajaran yang didukung dengan kerjasama antar lembaga sekolah, kepala sekolah, guru dan orang tua dalam menyediakan sarana prasarana untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik dan meningkat.


Ketersediaan
2132768/SB/2021KKI 371.114 NAB p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.114 NAB p/s
Penerbit
Malang : PPKn - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xv, 167hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.114
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Skripsi
Experiental Based Learning
HOTS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik