Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Experiental Based Learning Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Eksperimen) Pada Pelajaran PKN Kelas VII SMPN 12 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII setelah menggunakan Model Pembelajaran Experiental Based Learning di SMPN 12 Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII H yang berjumlah 64 siswa. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik simpel random sampling dan sampel dibagi kedalam kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Experiental Based Learning Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMPN 12 Malang. Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang yang dilihat dari hasil uji hipotesis. Dari data tersebut menunjukan perbedaan prestasi belajar yang sangat signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai kelas eskperimen 87,96% dan pada kelas kontrol 77,31% Perbedaan antar kelas eskperimen dan kelas kontrol juga dapat dilihat dari hasil post test yakni kelas eksperimen memiliki ketuntasan klasikal 100% dengan rata-rata nilai 90,75 dan kelas kontrol memiliki ketuntasan klasikal 60% dengan rata- rata nlai 71,96. Selisih perbedaan nilai rata- rata klasikal antar kelas eksperimen dan kelas kontrol 18,78 dan selisih ketuntasan klasikal antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 40%. Peningkatan prestasi belajar siswa tidak hanya berasal dari siswa melainkan kinerja guru dalam pembelajaran yang didukung dengan kerjasama antar lembaga sekolah, kepala sekolah, guru dan orang tua dalam menyediakan sarana prasarana untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik dan meningkat.
2132768/SB/2021 | KKI 371.114 NAB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain