Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 17 Malang Tahun Ajaran 2019/2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) dengan rancangan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari 4 tahap. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 17 Malang sebanyak 33 siswa. Data dianalisis dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures pada siklus I sebesar 74,72% dan pada siklus II sebesar 89,44%, motivasi belajar pada siklus I sebesar 69,12% dan pada siklus II sebesar 86,49%, dan penguasaan konsep pada siklus I sebesar 75,84 dan siklus II sebesar 82,18. Dengan temuan penelitian tersebut bahwa kualitas keterlaksanaan pembelajaran model Conceptual Understanding Procedures dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa.
2132761/SB/2021 | KKI 530 MAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain