Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Bandung Rejosari 1 Kota Malang

Electronic Resource

Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Bandung Rejosari 1 Kota Malang

Shelviana Uba Petan - Nama Orang; Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita. M.Pd. - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd - Nama Orang;

Karakter sangat penting bagi siswa. Salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas adalah melalui sekolah yang berbasis agama dan menerapkan sistem full day school. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi kebijakan full day school dalam pembentukan karakter siswa di SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang, dan (2) Permasalahan yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan full day school dalam pembentukan karakter di SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Lokasi yang dijadikan penelitian berada di SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Adapun instrument yang digunakan oleh peneliti yaitu pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan full day school dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran sehari penuh, pembentukan karakter siswa dilaksanakan melalui budaya sekolah yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan dan menggunakan metode pembentukan karakter. Pembentukan karakter siswa juga dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan (2) Permasalahan dalam penerapan full day school dalam pembentukan karakter siswa yaitu kurangnya tenaga kerja, fasilitas belum memadai, siswa belum taat dengan aturan, dan terjadinya penyimpangan perilaku siswa. Implikasi dalam implemetasi full day school dalam pembentukan karakter adalah (1) Sistem full day school lebih memungkinkan terwujudnya pendidikan utuh, (2) Sistem full day school lebih memungkinkan terwujudnya intensifikasi dan efektivitas proses edukasi, dan (3) Sistem full day school merupakan lembaga yang terbukti efektif. Semua perubahan ini diharapkan mampu memberikan pengaruh yang baik untuk sistem pendidikan ke depanya.


Ketersediaan
2132759/SB/2021KKI 372 PET a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 PET a/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 105hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Implementasi
Karakter
Skripsi
Full Day School
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik