Electronic Resource
Analisis Buku Pelajaran Geografi Kelas x SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko Pada KD. Menganalisis Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan Buku Pelajaran Geografi Kelas X SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko Pada KD. Menganalisis Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan, yang belum diketahui kelayakan materi dan penyajian yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui kebenaran konsep pada Buku Pelajaran Geografi Kelas X SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko. 2) Menjelaskan kelayakan bahasa dalam Buku Pelajaran Geografi Kelas X SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko. 3) menjelaskan kelayakan kegrafikan pada Buku Pelajaran Geografi Kelas X SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko
Jenis penelitian yang digunakan yakni kuantitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu keadaan secara objektif. Sesuai dengan tujuannya, penelitian ini secara mendalam menganalisis isi buku teks (content analysis). Pada Buku Pelajaran Geografi Kelas X SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dokumentasi dibantu dengan check-lish yang disertai pengkodean. Teknik analisis data dalam penelitian
ini adalah analisis konsep, bahasa, dan kegrafikan.
Hasil analisis data yang diperoleh dapat di simpulkan bahwa: 1) Kelayakan konsep buku pelajaran Geografi Kelas X SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko kurang menunjukkan kelayakan konsep yang telah ditetapkan BSNP. 2) Kelayakan bahasa pada buku pelajaran Geografi Kelas X SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko kurang menunjukkan kelayakan kegrafikan yang ditetapkan oleh BSNP. 3) Kelaykan kegrafikan pada buku pelajaran Geografi Kelas X SMA/MA Terbitan Erlangga Karya K. Wardiyatmoko menunjukkan kelayakan kegrafikan yang telah ditetapkan BSNP.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpukan bahwa buku pelajaran yang telah dianalisis cukup baik digunakan, karena dari ketiga indikator kesesuaian konsep, kebenaran bahasa, kelayakan kegrafikan hanya beberapa sub indikator saja yang hasil presentasenya dibawah 40%
2132680/SB/2020 | KKI 910 ENS a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain