Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pansirobangpas Materi Operasi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar
Berdasarkan analisis pada proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan siswa tidak memperhatikan guru pada saat pembalajaran. Hal ini mengakibatkan siswa sering mengalami miskonsepsi terhadap materi penjumlahan pecahan, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran berupa papan arsir bongkar pasang yang dapat menunjang proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengembangkan media papan arsir bongkar pasang yang valid, 2) mengembangkan media papan arsir bongkar pasang yang praktis, 3) mengembangkan media papan arsir bongkar pasang yang efektif.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan 5 tahapan yakni : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah dosen ahli media, dosen ahli materi, guru dan siswa kelas IV SDN Ngembul 03 Kabupaten Blitar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner.
Papan arsir bongkar pasang berdasarkan hasil validasi materi memperoleh skor 79,15% dengan kategori layak, hasil validasi media memperoleh 75% dengan kategori layak. Hasil validasi kepraktisan guru memperoleh 83,65% dengan kategori sangat baik, Hasil kepraktisan siswa memperoleh 86,66% dengan kategori sangat baik dan hasil keefektifan siswa memperoleh 81% dengan kategori sangat baik. Papan arsir bongkar pasang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan. Memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangakan media pembelajaran papan
arsir bongkar pasang yang menarik dan menyenangkan.
2132635/SB/2020 | KKI 510 NIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain