Electronic Resource
Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Menurut Teori Honey Mumford
Pemahaman konsep merupakan salah satu hal penting dan mendasar dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi, sebagian besar siswa kurang memahami konsep Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Salah satu faktor yang mempengarui hal tersebut adalah kecenderungan gaya belajar. Gaya belajar menurut teori Honey Mumford terbagi menjadi 4 tipe, yaitu kelompok aktivis, pragmatis, reflektor, dan teoris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika pada materi SPLTV ditinjau dari gaya belajar siswa menurut Honey Mumford di SMK Unggulan An Nur Bululawang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat 22 subjek peneltian kemudian dipilih 2 siswa dari masing-masing gaya belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar honey mumford, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai teknik analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa bergaya belajar aktivis memiliki karakteristik belajar dengan mempraktekkan secara langsung. Sehingga pada kemampuan pemahaman konsep, siswa tersbut melakukan kesalahan ketika menggunakan & memanfaatkan prosedur serta mengaplikasikan konsep SPLTV. 2) Kelompok gaya belajar pragmatis cenderung menyukai cara-cara praktis dalam belajar, sehingga cenderung melakukan kesalahan pada ketiga indikator pemahaman konsep. 3) Kelompok gaya belajar reflektor cenderung melakukan pengamatan terlebih dahulu dalam belajar, sehingga kesalahan yang dilakukan hanya pada penulisan konstanta dalam kalimat matematika. 4) Kelompok gaya belajar teoris dapat dikatakan memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang baik tetapi juga dapat dikatakan memiliki pemahaman konsep matematika yang rendah. Dapat disimpulkan bahwa setiap siswa dengan gaya belajar berbeda memiliki pemahaman konsep matematika yang berbeda-beda.
2132632/SB/2020 | KKI 510 AIN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain