Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Siswa Kelas VIII SMP Negeri2 Wanukaka Pada Materi Getaran Dan Gelombang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Siswa Kelas VIII SMP Negeri2 Wanukaka Pada Materi Getaran Dan Gelombang

Ester Boba Bangi - Nama Orang; Dr. Nurul Ain, M.Si - Nama Orang; Kurriawan Budi Pratama, S.Si.,M.Si. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi dengan guru IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Wanukaka, diketahui seharusnya sudah menerapkan sistem pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di mana model yang di gunakan adalah inkuiri terbimbing. Namun, dalam penerapannya guru masih melaksanakan sistem pembelajaran yang konvensional, seperti ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab. Sehingga pembelajaran hanya berlangsung satu arah (teacher center) saja tanpa melibatkan siswa dalam arti kata pembelajaran hanya dikuasai oleh guru saja. Dari hasil observasi yang di lakukan di kelas VIII A SMP Negeri 2 Wanukaka yang menjadi subjek penelitian, dapat di ketahui bahwa kemampuan rata-rata dari anak-anak masih di bawah standar atau belum optimal, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan harian (UH) dari 32 siswa hanya 10 orang siswa (25 %) yang mencapai KKM yang ditetapkan sekolah 75, dan sisanya 22 orang siswa (75%) yang tidak mencapai KKM dengan nilai rata – rata kelas 62,11. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas VIII A sangat rendah dan tidak mencapai KKM yang sudah di tentukan. Tujuan penelitian ini adalah(1)Untuk mengetahui kualitas keterlaksannan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam mencapai hasil belajar siswa.(2)penerapan
pembelajaran inkuri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajara siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Wanukaka yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran,tes,serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada siklus I mencapai 68,12% yang tergolong cukup baik dan pada siklus II mencapai 85% yang tergolong kriteria baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dari ketiga ranah mengalami peningkatan yaitu,ranah afektif dari 68,67% menjadi 76,25%, ranah kognitif dari 73,53% menjadi 82,03%, ranah psikomotorik dari 71,04% menjadi 77,53%. Dengan siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 22,58% pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87,09%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Wanukaka tahun pelajaran 2019/2020.


Ketersediaan
2132628/SB/2020KKI 530 BAN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 BAN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiv, 163hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Inkuiri Terbimbing
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik