Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang

Electronic Resource

Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang

Filaria Julyanti - Nama Orang; Drs. Sumadji, M.Pd - Nama Orang; Vivi Suwanti, S.Si., M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 17 Malang siswa sering melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal pada materi persamaan garis lurus. Kesalahan-kesalahan terjadi baik ketika latihan maupun ulangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konsep berdasarkan gaya kognitif. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner gaya kognitif, tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang berjumlah 28 siswa, terdiri atas siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah untuk diwawancara.
Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya kognitif field independent yaitu kesalahan pada hasil akhir persamaan garis dari kedua garis, mencari persamaan garis dan menentukan gradien, jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya kognitif field dependent yaitu kesalahan dalam menentukan gradien dan persamaan garis dari kedua garis, dan kesalahan dalam menentukan persamaan garis. Penyebabnya siswa melakukan kesalahan yaitu lupa materi yang sudah diajarkan, kurang teliti dalam pengerjaan soal, belum menguasai dasar perhitungan dan lain-lain. Solusi yang dapat digunakan oleh guru untuk meminimalkan dan menghindari terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan gaya kognitif dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus adalah memberi penguatan tentang pemahaman konsep materi kepada siswa supaya dalam proses transformasi, keterampilan proses serta penulisan jawaban siswa tidak kesulitan. Saran bagi guru supaya lebih menekankan pemahaman konsep kepada siswa agar tidak terjadi kesalahan dalam mengerjakan soal, dan saran bagi peneliti lain agar bisa mengembangkan skripsi ini menjadi lebih baik.


Ketersediaan
2132623/SB/2020KKI 510 JUL a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 JUL a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 85 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Gaya Kognitif
Skripsi
Kesalahan Konsep
persamaan garis lurus
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik