Electronic Resource
Pengembangan Modul IPS Lift The Flap Bernilai Karakter Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas 4 SD
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya inovasi modul yang menarik dan menunjang proses pembelajaran. Realitanya masih banyak guru yang belum memvariasi bahan ajar saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik mudah bosan dan kurang antusias dalam menerima pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) proses pengembangan modul IPS Lift The Flap Bernilai Karakter Berbasis Kontekstual, 2) menjelaskan kevalidan produk modul IPS Lift The Flap Bernilai Karakter Berbasis Kontekstual, 3) menjelaskan kepraktisan produk modul IPS Lift The Flap Bernilai Karakter Berbasis Kontekstual, 4) menjelaskan keefektifitas produk modul IPS Lift The Flap Bernilai Karakter Berbasis Kontekstual.
Metode penelitian mengadaptasi model Borg & Gall dengan 9 tahapan: Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk Akhir. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 1 Undaan Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Dari hasil validasi menunjukkan ahli materi persentase sebesar 95%, dengan kategori “layak”, ahli media persentase sebesar 93,3% dengan kategori “layak”, ahli bahasa persentase sebesar 91,7% dengan kategori “layak” dan calon pengguna (guru) persentase sebesar 97,4% dengan kategori “sangat baik”, kemudian diujicobakan kepada peserta didik kelas 4 SDN 1 Undaan pada ujicoba terbatas 9 peserta didik persentase sebesar 98,6% dengan kategori “sangat baik” dan ujicoba luas peserta didik persentase sebesar 97,9% dengan kategori “sangat baik”. Teknik analisis data menggunakan deskriptif data kuantitatif.
Berdasarkan paparan hasil penilaian di atas, modul IPS Lift The Flap Bernilai Karakter Berbasis Kontekstual dikategorikan “Sangat Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan di lapangan. Modul IPS Lift The Flap Bernilai Karakter Berbasis Kontekstual ini dapat digunakan guru sebagai bahan ajar dalam pembelajaran, membantu peserta didik untuk belajar mandiri atau dengan bimbingan guru, dan memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran yang berinovasi.
2132620/SB/2020 | KKI 372 ZAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain