Electronic Resource
Pengembangan Video Senam Ritmik Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya perkembangan motorik kasar anak yang dikembangkan melalui gerakan-gerakan senam.dan juga media yang digunakan pada saat kegiatan senam.Perumusan masalah pada peneliti pengembangan video senam ritmik adalah apakah pengembangan video senam ritmik dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Atfhal 17.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian pengembangan video senam ritmik ini adalah untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Atfhal 17.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Prosedur pengembangan terdiri dari sembilan langkah yaitu: (1) Analisis kebutuhan dan tujuan;(2) Analisis pembelajaran; (3) Analisis pembelajaran dan konteks; (4) Merumuskan tujuan pembelajaran;(5) Mengembangkan instrumen; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran;(8) Merancang dan melakukan evaluasi formatif ;(9) Melakukan revisi produk, (10 ) Merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Hasil Penelitian pengembangan ini adalah menunjukkan bahwa pembelajaran video senam ritmik pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal 17, dapat dikatakan kegiatan video senam ritmik dapat mengembangkan motorik kasar anak. Hal tersebut terbukti dari hasil presentase dari hasil validasi ahli materi pembelajaran anak usia dini 95,4 %, dalam kategori sangat sesuai. Menurut ahli senam produk ini memperoleh presentase 83,3 % dalam kategori sangat sesuai sedangkan pada uji coba lapangan memperoleh presentase 93,7 % sangat sesuai.
2132615/SB/2020 | KKI 372 ROY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain