Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII E SMP Negeri 12 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing (guided inquiry). Mengetahui peningkatan motivasi belajar serta untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dengan pokok bahasan Getaran, Gelombang Dan Bunyi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dikelas VIII E SMP Negeri 12 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Berdasarkan analisis keterlaksanaa model pembelajaran inkuiri terbimbing, ratarata keterlaksanaan pembelajaran dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup pada siklus I sebesar 79,15% dengan kualisifikasi baik dan siklus II sebesar 94,11% dengan kualisifikasi sangat baik. Analisis rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,13% dengan kualisifikasi cukup baik dan siklus II 76,38% dengan kualisifikasi baik. Analisis prestasi belajar siswa pratindakan sebesar
68,51% dengan ketuntasan belajar 25,9%, pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa meningkat sebesar 73,7% dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 48,1% dan siklus II rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 81,48% dengan ketuntasan belajar 81,4%. berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Malang
2132601/SB/2020 | KKI 530 HAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain