Electronic Resource
Efektifitas Metode Sosidrama Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Peserta Didik kelompok A TK Muslimat NU Pronojiwo 06 Semesteer II Tahun Ajaran 2019/2020
Bahasa merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan dalam diri anak usia dini. Pendidikan Taman kanak-kanak memiliki peran sangat dalam mengembangkan kemampuan berbahasa itu sendiri, baik dalam mengungkap, meniru dan menyimak. Salah satu yang dilakukan adalah melalui
metode sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode sosiodrama dalam mengembangkan kemampuan berbicara peserta didik kelompok A. Kemampuan berbicara adalah kesanggupan untuk menyampaikan pesan atau isi pikiran melaluhi bahasa lisan. Menurut Depdiknas (2007) Kemampuan berbicara menggambarkan ketrampilan untuk berhubungan secara lisan dengan orang lain. Sriyono (1991) mengungkapkan bahwa metode belajar yang dilaksanakan dengan cara mendramakan aktivitas dalam hubungan sosial adalah metode sosiodrama, dengan menggunakan metode sosiodrama diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berbicara peserta didik kelompok A TK Muslimat NU Pronojiwo 06
Metode penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen dengan bentuk Pre- Eksperimen Design , One Group Pretest Posttest. Sample yang dipilih adalah
Kelompok A dengan jumlah siswa 15. Instrumen yang digunakan yaitu Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas dan Uji Hipotesis (t test).
Berdasarkan nilai rata-rata pada penelitian sebelum kegiatan Treatment (Pretest) dan sesudah kegiatan Treatment (Posttest) telah didapatkan hasil
nilai yang berbeda, yaitu nilai Posttest lebih tinggi dibanding nilai Pretest Hasil analisis Uji hipotesis dengan Uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
yang sinifikan antara sebelum diadakannya treatment Yaitu t-hitung = 0,000 ˂ Lebih kecil t- table 0,05 sehingga dapat disimpulkan H₀ ditolak dan Ha diterima, Maka berdasarkan dari hasil uraian diatas disimpulkan bahwa metode sosiodrama efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara peserta didik kelompok A.
2132582/SB/2020 | KKI 372 SUP e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain