Electronic Resource
Pegembangan Media Puzzle Warna Warni Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelompok B Di PAUD Tunas Cendika Dampit
Anak usia dini merupakan tahapan perkembangan dan pertumbuhan yang meliputi beberapa aspek diantaranya adalah aspek kognitif. Aspek kognitif sangatlah penting bagi anak usia dini untuk dikembangkan karena anak dapat memecahkan masalah sendiri. Salah satu permainan yang dapat dipergunakan adalah puzzle. Media adalah suatu alat perantara atau pengantar yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi. Media puzzle suatu permainan yang digunakan sebagai sarana aktivitas bermain. Kata puzzle berasal dari bahasa inggris yang berarti teka teki atau bongkar pasang. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media puzzle warna warni yaitu metode pengembangan produk, didalam mengembangakan metode ini menurut Borg and Gall terdapat sepuluh langkah pengembangan antara lain: a) identifikasi masalah, b) pengumpulan informasi c) desain produk, d) validasi desain, e) perbaikan desain, f) uji coba produk, g) revisi produk, h)uji coba pemakaian, i) revisi produk tahap akhir, j) produksi masal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan puzzle warna warni untuk meningktkan kognitif anak di Paud Tunas Cendika Dampit
Pada hasil ujia lapangan terbatas penilaian yang di capai adalah 79%, pada uji lapangan terbatas mencapai 83% sedangkan pada uji oprasional mencapai 93%. Sangat layak media puzzle warna warni untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik kelompok B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata penggunaan permainan puzzle warna warni ternyata efektif untuk anak usia dini dalam mengembangan kognitif anak dan memudahkan guru dalam menstimulus kognitif anak, anak dapat tertarik untuk melakukan kegiatan karena Permainan Puzzle warna warni sangatlah berfariasi dan menarik, anak lebih mudah untuk mengingat suatu bentuk, warna dan pola dalam pengembangan kognitif sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar dan merasa senang dalam belajar sehingga anak semakin giat belajarnya.
2132574/SB/2020 | KKI 372 KUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain