Electronic Resource
Upaya Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Kelompok A Di TK Dharma wanita Tamanayu
Aspek yang penting dikembangkan pada usia dini salah satunya adalah motorik halus, motorik halus merupakan gerakan otot-otot tubuh tertentu tanpa
memerlukan tenaga berlebih akan tetapi perlu kerjasama antara mata dan tangan. Salah satu upaya untuk meningkatkan motorik halus melalui kegiatan seni melipat kertas, seni melipat kertas atau juga populer disebut origami merupakan salah satu bagian dari karya seni lipat melipat menggunakan bahan kertas lipat berwarna warni ataupun kertas lain, yang disesuaikan dengan peruntukannya.
Observasi yang dilakukan peneliti meliputi kemampuan untuk membuat garis, pengamatan terhadap kemampuan anak untuk mengkoordinasikan mata dan
tangan untuk melakukan gerakan yang rumit. Sadar terhadap hal yang demikian maka penulis mencoba untuk mengangkat seni lipat kertas menjadi model
pengajaran pada anak usia dini di TK Dharma Wanita Tamanayu. Kegiatan ini sengaja penulis adakan disebabkan oleh keinginan niat dan harapan penulis agar nantinya anak-anak didik menjadi sosok individu yang mumpuni, mempunyai daya saing tinggi akibat timbulnya kreatifitas yang baik, imajinasi pemikiran yang tinggi dibungkus oleh ketelitian dan disiplin yang baik. Dari latar belakang tersebut penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas khususnya untuk anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Tamanayu.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pengumpulan data saat kegiatan berlangsung. Hasil yang dicapai dituangkan ke dalam lembar observasi agar memudahkan penulis dalam mengambil tindakan perencanaan dalam upaya peningkatan motorik halus pada anak didik di TK Dharma Wanita Tamanayu. Dari penelitian ini disetiap tahapan dilakukan dokumentasi yang mengambil sample kelompok A sejumlah 24 anak didik terdiri dari 15 laki-laki 9 perempuan . Indikator keberhasilan ditetapkan sebesar 75% dari 24 anak dan menunjukkan tingkat keberhasilan dengan memperoleh kecakapan dalam indiaktor motorik halus
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengerjaan tugas pelipatan kertas berpengaruh signifikan/sangat baik terhadap berkembanganya motorik halus pada anak-anak yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan anak untuk mengikuti/patuh terhadap konsep awal desain kertas lipat, disamping itu nilai perkembangan didapatkan dari pengamatan terhadap hasil akhir melipat kertas yang halus dan persis ditiap lekukan, sudut dan garis lipatan. Dari uraian diatas maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa melalui pengerjaan seni melipat/origami dapat mempengaruhi dan meningkatkan motorik halus pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Tamanayu.
2132573/SB/2020 | KKI 372 BUD u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain