Electronic Resource
Efektifitas Permainan Sri Gendem Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Peserta Didik Kelompok A Di RA Al-Hidayah Pronojiwo
Aspek Sosial Emosional penting dalam kemampuan bersosialisasi perlu dibiasakan sejak usia dini, observasi dilakunakan di RA (Raudhotul Adhfal) Al Hidayah Pronojiwo menunjukkan bahwa perilaku anak masih sulit bersosialisasi, anak lebih senang bermain sendiri, kurang berkembang dalam sifat kepedulian terhadap orang lain, masih suka berebut memaksakan kehendaknya. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial
emosional peserta didik kelompok A di RA Al- Hidayah Pronojiwo melalui permainan sri gendem
Metode penelitian bersifat Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grgoup Pretest and Posttest Desaign. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validasi, uji releabilitas, uji normalitas serta uji
hipotesis (uji t). Hasil penelitian menggunakan SPSS 26 dapat dilihat dari hasil Uji Validitas (Correlations Bivariate), Uji Reliabilitas (Alpha Cronbach), Uji Normalitas (Kolmogorov Smirnov & Shapiro Wilk), Uji Hipotesis/ Uji t (Paired Sample t test) uji hipotesis menyatakan bahwa thitung = 0,000 lebih kecil ttabel = 0,05 dari pernyataan tersebut maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.
Pembahasan penelitian ini adalah efektiv atau tidak permainan sri gendem untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional peserta didik kelompok A di
RA Al- Hidayah pronojiwo. Permaian sri gendem diberikan perlakuan atau treathmen terhadap peserta didik sebanyak 3 kali pertemuan yang dilakukan di
dalam kelas atau diluar kelas. Kesimpulam penelitian ini menyatakan permainan sri gendem efektiv dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional pada peserta didik kelompok A di RA Al-Hidayah Pronojiwo. Peneliti mengharapkan agar para pendidik dapat menggunakan permainan lain untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional atau menggunakan metode pembelajaran yang sesuai untuk anak yang kemampuan sosial emosiaonalnya belum meningkat.
2132572/SB/2020 | KKI 372 BAD e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain