Electronic Resource
Analisis Pemahaman Konsep Fisika/IPA Siswa Inkluisi Di SMPN 21 Malang
Peneltian ini fokus membahas tentang pembelajaran dan pemahaman konsep siswa dengan topik pemanasan global pada sekolah inkluisi khususnya di SMP N 12 Malang dengan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam peneltian ini adalah guru sumber, guru pendamping khusus (GPK), 25 siswa reguler dari kelas VIIIB dan 14 orang siswa berkebutuhan khusus. Sistem pembelajaram khususnya dengan topik pemanasan global di sekolah inkluisi tersebut belum optimal karena proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru dengan metode ceramah. Adapun tingkat pemahaman konsep siswa reguler masuk kategori baik hingga ranah kognitif C4. Sedangkan rata-rata siswa berkebutuhan khusus lebih mampu dalam memahami konsep lewat memberikan contoh pada ranah kognitif C2. Rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa khususnya siswa berkebutuhan khusus disebabkan oleh sistem pembelajaran yang lebih didominasi oleh guru dalam kelas, belum tersedianya media pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus dalam memahami setiap konsep serta jumlah guru pendamping khusus (GPK) bagi siswa berkebutuhan yang masih terbatas.
2132565/SB/2020 | KKI 530 MAL a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain