Electronic Resource
Pengembangan Media Jendela Magic Untuk Mengenalkan Huruf Abjad pada Siswa Kelompok ATK Muslimat NU AL Masyithoh 1 Lawang
Kompetensi dasar dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak kelompok usia 5-6 tahun adalah anak mampu berkomunikasi secara lisan, mampu memiliki perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya. Untuk memenuhi kompetensi dasar dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak kelompok usia 5-6 tahun maka peneliti melakukan pengamatan yang dilakukan setiap kegiatan pembelajaran guru hanya menggunakan lembar kerja saja, kurangnya alat/media pembelajaran dan kurangnya motivasi guru dalam mengembangkan motorik halus peserta didik. Media jendela magic tersebut bertujuan untuk mempercepat proses pengenalan huruf pada peserta didik. Media jendela magic termasuk dalam media visual.
Tujuan penelitihan dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan media jendela magic dalam mengenalkan huruf abjad pada siswa kelompok A TK Muslimat NU Al Masyithoh 1 Lawang.
Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development). Data penelitian ini yang berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Muslimat NU Al Masyithoh 1 Lawang yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 peserta didik perempuan dan 10 peserta didik laki-laki. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket.
Hasil pengembangan produk media jendela magic dapat dilihat dari hasil uji coba lapangan utama media pembelajaran jendela magic terhadap 6 anak menghasilkan jumlah penelitian sebesar 81,73% dalam kategori “Sangat Baik” sebagai media pembelajaran, sedangkan hasil uji coba lapangan operasional terhadap 14 anak menghasilkan jumlah penilaian sebesar 95,48% dalam kategori “Sangat Baik” sebagai media pembelajaran. Dari hasil uji coba lapangan operasional, respon subyek penelitian umumnya sangat suka, antusias dan tertarik dengan pembelajaran menggunakan media jendela magic.
Disimpulkan bahwa media jendela magic dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengenalkan huruf abjad dengan dibuktikan bahwa anak lebih kreatif dengan menunjukkan kreativitasnya dalam menyusun berbagai macam huruf abjad. Media jendela magic memiliki kelebihan dari segi bentuk, ukuran, kemenarikan, serta mampu merangsang ke-6 aspek perkembangan anak yang salah satu aspeknya adalah aspek bahasa. Disarankan hasil pengembangan ini dapat diterapkan kembali dengan menambah variasi media pembelajaran pada media jendela magic sehingga aspek perkembangan yang akan tercapai menjadi lebih luas.
2132561/SB/2020 | KKI 372 MUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain