Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X TBSM-2 SMKN 10 Malang
Hasil analisis dari observasi yang dilakukan dan magang II yang telah dilaksanakan sebelumnya, Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran Fisika kelas X-TBSM-2 di SMKN 10 Malang adalah siswa kurang menyukai pelajaran Fisika. Anggapan mereka bahwa pelajaran fisika merupakan pelajaran yang membosankan sekaligus sulit dipahami. Sehingga penulis tertarik menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu ; (1) Agar mampu meningkatkan kualitas penerapan model pembelajaran berbasis inquri terbimbing agar meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. (2) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. (3) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. Jenis penelitian yyang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM-2 SMK Negeri 10 Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keterlaksanaan proses pembelajaran pada siklus I (72,78%), juga pada siklus ke II (82,78%). Dari hasil analisis motivasi belajar peserta didik pada siklus pertama (76,02%) juga pada siklus ke-dua (87,22%), Prestasi belajar yang diperoleh siswa di siklus pertama (57,14%) juga pada siklus ke-dua (85,71%). Dapat di simpulkan bahwa diterapkannya model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing mampu meningkatkan motivasi belajar sehingga prestasi belajar pada mata pelajaran fisika siswa kelas X TBSM-2 SMK Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2019-2020 menjadi meningkat.
2132559/SB/2020 | KKI 530 LEW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain