Electronic Resource
Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X SMA Negeri 5 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep ditinjau dari Kemampuan Pemecahkan Masalah Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttets only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Malang pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X MIP, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non purposive sampling : Sampling jenuh. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 68 peserta didik yang terbagi dalam satu kelompok kelas eksperimen 34 peserta didik, dan satu kelas kontrol 34 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan tes pemahaman konsep dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan analisis varian anova dua jalur (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada pengaruh model CPS Berbantuan Media Kahoot terhadap Pemahaman Konsep peserta didik. Pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. (2) Pemahaman konsep peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah yang dibelajarkan dengan CPS-K lebih tinggi dari kelas PS. Pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. (3) Tidak ada interaksi antara model CPS-K dan kemampuan pemecahan masalah terhadap pemahaman konsep.Pada taraf signifikan 0,224 > 0,05.
2132552/SB/2020 | KKI 530 TRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain