Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Pembelajaran H-Guided Inquiry Pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar Beraturan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan ICT Skills Peserta Didik
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis pembelajaran H-GI pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan yang telah teruji kelayakan dan keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar dan ICT skills peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analisis kebutuhan awal untuk mengetahui kebutuhan peserta didik; 2) desain awal media dan membuat instrumen penelitian; 3) pengembangan e-modul dengan menggunakan aplikasi flipbook maker pro dan validasi ahli materi dan media; 4) uji coba terbatas skala kecil pada 26 peserta didik kelas X; 5) Evaluasi dari pengguna yaitu peserta didik dan guru mata pelajaran. Penilaian yang dilakukan mencakup 1) Uji ahli media; 2) uji ahli materi; 3) uji pengguna; 4) uji skala kecil. Hasil analisis data dari ahli media, ahli materi, dan pengguna, e-modul berbasis pembelajaran H-GI pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Berdasarkan penilaian kelayakan dari ahli media, ahli materi, dan guru fisika diperoleh rata-rata total skor 3,45 dalam kategori “sangat baik”. Hasil penilaian uji skala kecil kepada 26 peserta didik diperoleh skor 3,32 dalam kategori “baik”. Skor rata-rata peningkatan ICT skills dari 26 peserta didik sebesar 0,85 dalam kategori “tinggi”, dan 0,61 untuk peningkatan prestasi peserta didik yang termasuk dalam kategori “sedang” setelah menggunakan e-modul. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis pembelajaran H-GI efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dan ICT skills peserta didik.
2132550/SB/2020 | KKI 530 UTA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain