Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan ICT Skills Peserta Didik 6.S1 SMP Negeri 3 Malang Tahun ajaran 2019/2020 Pada Materi Suhu Dan Perubahannya
Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh keterampilan berfikir kritis dan teknologi informasi komunikasi peserta didik yang menggunakan H-DL lebih baik dari pada yang menggunakan model pebelajaran STAD, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan model H-DL terhadap keterampilan berpikir kitis peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan model H-DL terhadap keterampilan teknologi informasi komunikasi (ICT-skills) peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas 6.S1 SMP Negeri 3 Malang yang berjumlah 58 peserta didik. Variabel bebas adalah model pembelajaran hybrid discovery learning dan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kritis dan ICT-skills. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Pengumpulan data dengan memberikan post test dan angket kepada peserta didik serta lembar observasi proses pembelajaran. Data tersebut dianalisis dengan uji MANOVA menggunakan bantuan spss 16.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran H-DL terhadap keterampilan berpikir kritis dan ICT-skills peserta didik dengan ditunjukkan nilai sig. yaitu 0,000 < 0,05; (2) ada perbedaan hasil pembelajaran dengan model H-DL terhadap keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai sig. yaitu 0,006 < 0,05; (3) ada perbedaan hasil pembelajaran dengan model H-DL terhadap ICT-skills peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai sig. angket ICT-skills 0,000 < 0,05 dan nilai sig. lembar observasi ICT-skills 0,038 < 0,05. Dengan demikian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran hybrid discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan ICT skills peserta didik pada materi suhu dan perubahannya
2132548/SB/2020 | KKI 530 ROS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain