Electronic Resource
Makna Ruang Publik Bagi Pedagang Kaki Lima Di Simpang Raya Pakisaji Kabupaten Malang
Pada penelitian menemukan permasalahan tentang ruang publik berfokus pada bagaimana bagaimana karakteristik aktivitas pedagang kaki lima ruang publik di simpang raya Pakisaji dan bagaimana makna ruang publik bagi pedagang kaki lima di simpang raya Pakisaji dengan menggunakan motif sebab dan motif tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk Sehubungan dengan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan makna dari fenomena mengapa para pedagang kaki lima berjualan di tepi jalan simpang raya Pakisaji.
Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi memahami dan mengungkapkan makna dibalik tindakan masyarakat atau subjek terkait seperti pada tujuan dan fokus penelitian. Penelitian Kualitatif ini pengumpulan data di lakukan pada natural setting (kondisi alamiah), sumber data primer dan teknik pengumpulan datanya melakukan observasi, wawancara mendalam kepada narasumber dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Karakteristik aktivitas pedagang kaki lima ruang publik di simpang raya Pakisaji. Yang berjualan di Pakisaji ini bermacam-macam seperti pedagang yang menetap jenis barang dagangannya sayur-sayuran, minuman, buah-buahan dan pada pedagang yang tidak menetap jenis barang dagangannya buah-buahan dan jilbab. Pendapatan para pedagang yang menetap dan tidak menetappun berbeda. (2) Makna ruang publik bagi pedagang kaki lima di simpang raya Pakisaji. Berdasarkan hasil analisis dan paparan data dapat diketahui bawasannya makna ruang publik bagi pedagang yang didapatkan dari 3 subjek yaitu tempat berkumpulnya konsumen, lahan publik dan tempat yang strategis untuk berjualan yang dimana makna tersebut melatar belakangi oleh motif sebab dan motif tujuan. Saran penetian selanjutnya untuk sebagai acuan penelitian selanjutnya dapat mengambil judul pola persebaran pedagang kaki lima di simpang raya Pakisaji kabupaten Malang.
2132546/SB/2020 | KKI 910 MAG m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain