Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Babussalam Banjarjo Tahun Pelajaran 2016/2017
Model pembelajaran Problem Based Learning dan inkuiri terbimbing dipilih karena merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dan merupakan model pembelajaran kontuktivisme yang diawali dengan memberikan permasalahan guna merangsang siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dan hasil belajarnya akan lebih bermakna karena siswa terlibat secara langsung didalamnya melalui proses merancang dan melakukan percobaan siswa akan terlibat secara aktif sehingga siswa lebih mendapatkan pemahaman yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa; (2) pengaruh gaya kognitif siswa anatara siswa yang memilki gaya kognitif Field Independent dan siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent terhadap pemahaman konsep; (3) Interaksi model antara model pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri terbimbing dengan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep siswa.
penelitian ini merupakanjenis penelitian quasi eksperiment dengan rancangan Pretest posttest only control grup design. populasi dalam penelitaian ini. populasi ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Babussalam Banjarjo tahun pelajaran 2016-2017. penentuan sample dengan teknik Simple Random Sampling (sampling acak tanpa memperhatikan tingkatan dalam anggota populasi) dan diperoleh jumlah sample sebanyak 26 dan 24 siswa. untuk mengetahui gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa di peroleh dari penyebaran angket yang, sedangkan untuk nilai pemahaman konsep diperoleh dari pretes dan postes pemahaman konsep fisiak yang kemudian dicari selisihnya (N-Gain) kemudia data yang diperoleh dari tes pemahaman konsep dianalisis menggunakan Uji Anova 2 jalur dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut (1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa ( Fhit = 6,064; 0.018< 0.05); (2) Ada pengaruh antara siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent dan gaya kognitif Field Dependent terhadap pemahaman konsep fisika siswa (Fhit = 17,098 ;0.000 < 0,05); (3) Ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri terbimbing dengan gaya Kognitif siswa terhadap pemahaan konsep fisika (Fhit = 7,410 ;0.009 < 0,05)
2132536/SB/2020 | KKI 530 MAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain