Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Babussalam Banjarjo Tahun Pelajaran 2016/2017

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Babussalam Banjarjo Tahun Pelajaran 2016/2017

Hikmatul Maulidiyah - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si - Nama Orang;

Model pembelajaran Problem Based Learning dan inkuiri terbimbing dipilih karena merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dan merupakan model pembelajaran kontuktivisme yang diawali dengan memberikan permasalahan guna merangsang siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dan hasil belajarnya akan lebih bermakna karena siswa terlibat secara langsung didalamnya melalui proses merancang dan melakukan percobaan siswa akan terlibat secara aktif sehingga siswa lebih mendapatkan pemahaman yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa; (2) pengaruh gaya kognitif siswa anatara siswa yang memilki gaya kognitif Field Independent dan siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent terhadap pemahaman konsep; (3) Interaksi model antara model pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri terbimbing dengan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep siswa.
penelitian ini merupakanjenis penelitian quasi eksperiment dengan rancangan Pretest posttest only control grup design. populasi dalam penelitaian ini. populasi ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Babussalam Banjarjo tahun pelajaran 2016-2017. penentuan sample dengan teknik Simple Random Sampling (sampling acak tanpa memperhatikan tingkatan dalam anggota populasi) dan diperoleh jumlah sample sebanyak 26 dan 24 siswa. untuk mengetahui gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa di peroleh dari penyebaran angket yang, sedangkan untuk nilai pemahaman konsep diperoleh dari pretes dan postes pemahaman konsep fisiak yang kemudian dicari selisihnya (N-Gain) kemudia data yang diperoleh dari tes pemahaman konsep dianalisis menggunakan Uji Anova 2 jalur dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut (1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa ( Fhit = 6,064; 0.018< 0.05); (2) Ada pengaruh antara siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent dan gaya kognitif Field Dependent terhadap pemahaman konsep fisika siswa (Fhit = 17,098 ;0.000 < 0,05); (3) Ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri terbimbing dengan gaya Kognitif siswa terhadap pemahaan konsep fisika (Fhit = 7,410 ;0.009 < 0,05)


Ketersediaan
2132536/SB/2020KKI 530 MAU p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MAU p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xiv, 129 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep
Inkuiri Terbimbing
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Gaya Kognitif
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik