Electronic Resource
Pengembangan Inventori Perilaku Altruistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Malang
Perilaku menolong secara sukarela tanpa mementingkan diri sendiri dan tanpa mengharapkan imbalan dimotivasi oleh keprihatinan, simpati kepada orang lain dan bermanfaat bagi orang lain, merupakan perilaku altruistik. Perilaku altruistik memiliki tujuh indikator yaitu 1) sharing (berbagi); 2) cooperative (kerja sama); 3) donating (menyumbang; 4) helping (menolong); 5) honesty (kejujuran); 6) generosity (kedermawanan), 7) mempertimbangkan hak dan kesejahteraan orang lain.
Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan inventori perilaku altruistik siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Malang yang telah memenuhi validitas dan reliabilitas yang baik sehingga dapat digunakan oleh konselor sekolah untuk mengetahui tingkat perilaku altruistik siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Malang. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model mengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian sebanyak 303 siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Malang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang yang terpilih 3 sekolah yaitu SMPN 8 Malang, SMPN 2 Malang, dan SMPN 10 Malang. Teknik analisis yang digunakan untuk menghitung validitas item digunakan teknik Product Moment Pearson, untuk menghitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Cronbach Alpha, uji normalitas dan analisis faktor.
Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk inventori perilaku altruistik untuk siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Malang yang terdiri dari 47 item pernyataan yang dinyatakan valid dan memiliki reliabilitas yang tinggi dengan koefisien sebesar 0,917, dan uji analisis faktor sebanyak 13 faktor.
Saran penelitian selanjutnya yaitu dapat mengembangkan inventori perilaku altruistik untuk tingkat SD, SMA, dan SMK. Mengingat tingkat perkembangan, kematangan usia dan proses belajar siswa SD, SMA dan SMK berbeda dengan SMP. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan teori lain yang membahas tentang perilaku altruistik agar siswa dapat lebih memahami secara mendalam mengenai perilaku altruistik yang dimilikinya.
| 2132525/SB/2020 | KKI 371.4 PUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain