Electronic Resource
Pengembangan Modul Komik Tayo Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas 3 Di MIN 2 Kota Malang
Penelitian ini dilatar belakangi dari proses pembelajaran di lapangan yang kekurangan bahan ajar pada materi tematik. Buku paket yang digunakan siswa
hanya berasal dari pemerintah. Hal tersebut membuat siswa kurang antusias untuk belajar, maka perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa modul yang dapat menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pengembangan modul komik tayo berbasisi Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas 3 SD; (2) mengetahui kelayakan modul komik tayo berbasisi Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas 3 SD; 3) mengetahui kepraktisan modul komik tayo berbasisi Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas 3 SD; 4) mengetahui keefektifan modul komik tayo berbasisi Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas 3 SD.
Metode penelitian menggunakan model 4D dengan empat tahapan yang yakni: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Metode penelitian yang digunakan peneliti sampai pada tahapan pengembangan (Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas III MIN 2 Kota Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket terdiri dari angket ahli materi, ahli bahasa, ahli media, praktisi (guru) dan angket respon siswa.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Modul komik tema kebutuhan tubuh berdasarkan hasil validasi media memperoleh skor 93,3% dengan kategori sangat layak, hasil validasi bahasa memperoleh skor 90% dengan kategori sangat layak, hasil validasi materi memperoleh skor 89,2% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan respon guru kelas III sebesar 61,3% dengan kategori cukup layak, dan hasil kepraktisan respon siswa kelas III sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Hasil keefektifan sebesar 78,5 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan paparan hasil penilaian diatas modul komik tema kebutuhan tubuh dikategorikan “Sangat Layak” dan “Sangat Baik” digunakan di lapangan. Hasil pengembangan modul komik tema kebutuhan tubuh dapat dijadikan referensi guru sebagai bahan ajar pendamping pada saat proses pembelajaran
2132524/SB/2020 | KKI 372 NPM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain