Electronic Resource
Penggunaan Video Interaktif Dengan Variasi Lagu Berbasis Team Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VB Pada Tema 4 Sehat Itu Penting SUB Tema 1 Pentingnya Kesehatan Diri Dan Lingkungan Di SDN Gadang 01 Malang
Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu dengan peggunaan video interaktif yaitu penggunaan video interaktif dengan variasi lagu berbasis team teaching. Penggunaan video interaktif dengan variasi lagu merupakan sebuah aktivitas menonton video bagian-bagian rangka tubuh manusia diiringi lagu pada proyektor kemudian siswa menirukannya.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan video interaktif dengan variasi lagu berbasis team teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 2 di SDN Gadang I Malang; (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VB setelah menggunakan video interaktif dengan variasi lagu berbasis team teaching pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 2 di SDN Gadang I Malang.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Gadang I Malang dengan jumlah siswa 40 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, tes, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan video interaktif dengan variasi lagu berbasis team teaching dapat meningkatkan hasil belajar tema 4 subtema 1 pembelajaran 2 siswa kelas VB SDN Gadang I Malang. Perolehan hasil pra tindakan ketuntasan klasikal pada muatan PJOK 82,31 %, IPA 30,76 %, muatan Bahasa Indonesia 66,92 % dan ketuntasan klasikal secara keseluruhan 25,65 %. Hasil siklus I ketuntasan klasikal muatan PJOK 84,87 %, muatan IPA 71,79 %, muatan Bahasa Indonesia 77,17 % dan ketuntasan klsikal secara keseluruhan 77,17 %. Hasil siklus II ketuntasan klasikal pada muatan PJOK 87,43 %, muatan IPA 82,30 %,muatan Bahasa Indonesia 84,87 % dan ketuntasan klasikal secara keseluruhan 84,87 %. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari pra tindakan sampai pada siklus I sebesar 41,03% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,51%.
2132520/SB/2020 | KKI 372 MUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain