Electronic Resource
Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pembelajaran Menggunakan E Book Online
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMKN 2 Malang, 90% peserta didik membawa smartphone, bahkan adakalanya guru mengizinkan peserta didik untuk menggunakan smartphone dalam pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran matematika. Pada web sekolah, terdapat e-book online yang salah satunya memuat materi matematika. Sesuai dengan kondisi di SMKN 2 Malang, peneliti ingin menganalisis kesalahan apa saja yang muncul pada saat peserta didik menyelesaikan soal perbandingan trigonometri setelah melakukan pembelajaran menggunakan e-book online terkait kesalahan konsep, prinsip dan perhitungan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan secara mendalam kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal pada pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran e-book online; 2) Mendeskripsikan secara mendalam berapa persentase peserta didik yang melakukan kesalahan konsep, prinsip, dan perhitungan setelah melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran e-book online.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PS 3 SMKN 2 Malang yang berjumlah 31 peserta didik. Prosedur pengumpulan data menggunakan tes peserta didik untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan peserta didik, wawancara untuk memverifikasi jawaban serta mengetahui lebih mendalam tentang kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik, dan dokumen sebagai penunjang kelengkapan data. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Hubermaan yakni mereduksi data, menyajikan, dan menyimpulkan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika dijabarkan sebagai berikut: a) Kesalahan konsep terjadi karena rata-rata peserta didik melakukan kesalahan dikarenakan kurang memahami makna soal. b) Kesalahan prinsip terjadi karena rata-rata peserta didik salah dalam menggunakan rumus. c) Kesalahan perhitungan terjadi karena rata-rata peserta didik salah pada penggunaan operasi; 2) Persentase peserta didik yang melakukan kesalahan konsep, prinsip, dan perhitungan dijabarkan sebagai berikut: Rata-rata 36,55% peserta didik yang melakukan kesalahan konsep, 20,42% melakukan kesalahan prinsip, dan 4,84% melakukan kesalahan perhitungan.
2132509/SB/2020 | KKI 510 DEW a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain