Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Di Smp Pgri 02 Singosari
Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan proses pembelajaran, meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas VIII A di SMP PGRI 02 Singosari menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan rancangan model kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 02 Singosari dengan jumlah siswa 20. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar motivasi belajar, dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar, hal ini dapat dilihat dari : (1) keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 81,02% sedangkan pada siklus II mencapai keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92.49% dengan kategori sangat baik, (2) motivasi belajar dapat diketahui yaitu pada siklus I presentasi rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 83.33%. Sedangkan pada siklus II presentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 94.79%. dapat disimpulkan ada peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II, (3) Prestasi belajar pada siklus I mencapai nilai 68,18 menyatakan belum mencapai kriteria berhasil, pada pertemuan siklus II mengalami perubahan pada nilai siswa dan meningkat menjadi 86,36. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan. Kesimpulannya dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi belajar siswa
2132502/SB/2020 | KKI 530 JAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain