Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Di Smp Pgri 02 Singosari

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Di Smp Pgri 02 Singosari

Klaudius Briantoro Jarut - Nama Orang; Dr.Nurul Ain, M.Si - Nama Orang; Chandra Sundygara,s.Pd.,M.Pd - Nama Orang;

Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan proses pembelajaran, meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas VIII A di SMP PGRI 02 Singosari menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan rancangan model kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 02 Singosari dengan jumlah siswa 20. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar motivasi belajar, dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar, hal ini dapat dilihat dari : (1) keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 81,02% sedangkan pada siklus II mencapai keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92.49% dengan kategori sangat baik, (2) motivasi belajar dapat diketahui yaitu pada siklus I presentasi rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 83.33%. Sedangkan pada siklus II presentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 94.79%. dapat disimpulkan ada peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II, (3) Prestasi belajar pada siklus I mencapai nilai 68,18 menyatakan belum mencapai kriteria berhasil, pada pertemuan siklus II mengalami perubahan pada nilai siswa dan meningkat menjadi 86,36. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan. Kesimpulannya dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi belajar siswa


Ketersediaan
2132502/SB/2020KKI 530 JAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 JAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 79Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi
Inkuiri Terbimbing
Skripsi
Prestasibelajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik