Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran Berbantuan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Di Gugus II Donomulyo
Pendidikan di Indonesia saat ini mewajibkan pendidik harus memiliki kemampuan dalam hal memberikan inovasi yang dapat menumbuhkan rasa ingin tahu peseta didik sehingga pembelajaran nya dapat di terima dengan baik. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran, dengan harapan peserta didik dapat belajar sambil melakukan sehingga paham dengan materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model bermain peran Berbantuan kartu Kuartet terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan yaitu kuasi eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas IV di SD Gugus II Donomulyo. Sampel penelitian ini adalah siswa di SDK xaverius berjumlah 20 siswa dan SDN Donomulyo 5 berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dengan uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran butir soal. Sedangkan untuk uji prasyarat dengan uji normalitas, uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji t.
Hasil penelitian pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t yang sudah dilihat dari hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh 0,001< 0,05 dengan demikian maka hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bermain peran berbantuan kartu kuartet mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa. Penelitian ini disarankan untuk guru dan peneliti agar dapat menggunakan model pembelajaran bermain peran sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang menyenangkan dan memicu keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.
2132494/SB/2020 | KKI 372 GUN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain