Electronic Resource
Meningkatkan Kemempuan Berbahasa Melalui Sains Sederhana Balon Terbang Pada Anak Kelompok A Di TK NU 9 Al Ikhlas Wagir Kabupaten Malang
Pengembangan bahasa bagi anak usia dini adalah sebagai alat untuk berkomunikasi dengan lingkungan, sebagai alat untuk mengembangkan kemampuan intelektual anak, sebagai alat untuk mengembangkan ekspresi anak, sebagai alat untuk menyatakan perasaan dan buah pikiran kepada orang lain. Hasil observasi menunjukan anak masih mengalami kesulitan dalam pengembangan kemampuan berbahasa karena kurangnya keberanian anak. Kondisi tersebut terjadi pada anak kelompok A TK Muslimat NU 9 Al Ikhlas Wagir Kabupaten Malang. Sehingga peneliti melakukan kegiatan sains sederhana balon Terbang yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
Tujuan penelitian ini antara lain Untuk mengetahui Langkah-langkah kemampuan berbahasa melalui Sains Sederhana Balon Terbang Pada Anak Kelompok A Di TK MUSLIMAT NU 9 AL IKHLAS Wagir Kabupaten Malang Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak dapat meningkat dengan adanya sains sederhana balon terbang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), Model PTK) terdiri dari 4 komponen antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas inidilakukan di TK Muslimat NU 9 AL IKHLAS Wagir Kabupaten Malang, subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.
Hasil penelitian menunjukan pada siklus ke I (44,4% ) dan anak belum mencapai ketuntasan 75%,sedangkan pada siklus II ketuntasan rata-rata mencapai 83,5%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa, komunikasi, serta berpartisipasi dalam percakapan dan proses belajar tersebut dikategorikan sudah
mencapai ketuntasan sebesar 75%. Kesimpulan peneitian ini meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A TK MUSLIMAT NU 9 AL IKHLAS , hal ini dapat terlihat dari adanya peningkatan pada siklus I ke siklus II dengan carasains sederhana balon terbang untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak secara efektif. Semoga dengan adanya penelitian ini dapat menambah pengetahuan bagi pendidik, dan peneliti selanjutnya. Untuk guru/pendidik hendaknya tanggap, aktif dan kretif dalam mengembangkan teknik pembelajaran dan kreativitas guru dalam penerapan pembelajaran dengan sains sederhana balon terbang untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak secara efektif.
2132489/SB/2020 | KKI 372 ARI m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain