Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Mengacu Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kurikulum K13 Untuk Siswa Kelas IV SDN Talanganggung 1 Kepanjen
Media pembelajaran digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih efektif , efisien serta memperoleh hasil akhir yang maksimal. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang valid, praktis dan efektif. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam pembelajar yang menyenangkan, inovatif dan meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan media pembelajaran tematik berbasis Lectora Inspire untuk siswa sekolah dasar kelas IV SDN Talangagung 1 Kepanjen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang
melalui lima tahap pengembangan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi
(Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation).
Media pembelajaran tematik berbasis lectora inspire yang dihasilkan memenuhi kriteria : a) Layak, dengan rata-rata perolehan skor penilaian oleh ahli materi, ahli media masing-masing 4,53, 4,01 ; b) Praktis, dengan rata-rata skor angket respon guru sebesar 4,875 dan angket respon siswa sebesar 4,63; c) Efektif, dengan skor rata-rata presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 76 %. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru hendaknya menggunakan media pembelajaran tematik berbasis Lectora Inspire dalam pembelajaran di kelas sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.
2132487/SB/2020 | KKI 372 FUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain