Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Dengan Metode Scaffolding Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning (SRL)

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Dengan Metode Scaffolding Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning (SRL)

Petronela Agata Moong - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si., M.Si., M.Pd. - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S. Pd., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara model pembelajaran MEA dengan metode scaffolding dan model pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep fisika; (2) perbedaan antara siswa yang memiliki SRL tinggi dengan siswa yang memiliki SRL rendah terhadap penguasaan konsep fisika; dan (3) interaksi antara model pembelajaran MEA dengan metode scaffolding dan SRL terhadap penguasaan konsep fisika. Metode penelitian ini adalah quasy experimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singosari tahun pelajaran 2018/2019. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dan dipilih kelas VIII A sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Nilai penguasaan konsep diperoleh melalui hasil posttest dan nilai SRL diperoleh melalui angket SRL. Uji hipotesis menggunakan uji anova dua jalur pada taraf signifikan 5% dengan bantuan program Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa: (1) ada perbedaan antara model pembelajaran MEA dengan metode scaffolding dan model pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep fisika (4,2 > 3,92); (2) ada perbedaan antara siswa yang memiliki SRL tinggi dengan siswa yang memiliki SRL rendah terhadap penguasaan konsep fisika (26,17 > 3,92) ; dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran MEA dengan metode scaffolding dan SRL terhadap penguasaan konsep fisika (4,08 > 3,92). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MEA dengan metode scaffolding berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari SRL.


Ketersediaan
2132462/SB/2020KKI 530 MOO p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MOO p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 161 Hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Penguasaan Konsep
Skripsi
Self Regulated Learning
Model Means-Ends Analysis
Metode Scaffolding
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik