Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran (IPS) Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Lawang
Kelas VIII B memiliki tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa yang rendah. Rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa ditandai dengan, kurang perhatian siswa saat pemaparan materi oleh guru, tidak ikut aktif memecahkan masalah saat kegiatan diskusi berlangsung, siswa kurang berani mengemukan pendapat dan bertanya mengenai materi yang belum dimengerti. Hal ini membuat siswa kurang memahami materi-materi IPS dengan baik sehingga berpengaruh terhap hasil belajar yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran (IPS) Siswa Kelas VIII B SMP Negeri I Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Clasrom Action Reseach. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri I Lawang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) tes, (2) lembar observasi, (3) catatan lapangan. Data keaktifan diidentifikasi pada saat berlangsungnya pembelajaran ditunjukan oleh keterampilan siswa dalam presentasi secara kualitatif maupun secara kuantitatif diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh dari tes siklus I dan II, untuk melihat peningkatan diperoleh dengan membandingkan banyak siswa yang tuntas di siklus I dengan siswa yang tuntas di siklus II. Catatan lapangan dianalisis secara deskriptif untuk memastikan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I ke siklus II yaitu 73,65 menjadi 81,36 dengan persentase ketuntasan siklus I adalah 56,25% dan siklus II adalah 84,56%. Hasil observasi keaktifan belajar siswa yang dilakukan oleh observer pada siklus I berada pada kategori cukup aktif yakni 74,35% dan mengalami peningkatan setelah perbaikan pada siklus II menjadi 91,63% berada pada kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Disarankan kepada guru mata pelajaran IPS untuk menerapkan model Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas, dengan tetap memperhatikan alokasi waktu pelajaran, membimbing dengan masif setiap siswa di setiap kelompok dan penguasan sintak model TPS yang baik oleh guru.
2132458/SB/2020 | KKI 910 KES p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain