Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran (IPS) Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Lawang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran (IPS) Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Lawang

Antonius Talu Doni Kesen - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Kelas VIII B memiliki tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa yang rendah. Rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa ditandai dengan, kurang perhatian siswa saat pemaparan materi oleh guru, tidak ikut aktif memecahkan masalah saat kegiatan diskusi berlangsung, siswa kurang berani mengemukan pendapat dan bertanya mengenai materi yang belum dimengerti. Hal ini membuat siswa kurang memahami materi-materi IPS dengan baik sehingga berpengaruh terhap hasil belajar yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran (IPS) Siswa Kelas VIII B SMP Negeri I Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Clasrom Action Reseach. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri I Lawang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) tes, (2) lembar observasi, (3) catatan lapangan. Data keaktifan diidentifikasi pada saat berlangsungnya pembelajaran ditunjukan oleh keterampilan siswa dalam presentasi secara kualitatif maupun secara kuantitatif diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh dari tes siklus I dan II, untuk melihat peningkatan diperoleh dengan membandingkan banyak siswa yang tuntas di siklus I dengan siswa yang tuntas di siklus II. Catatan lapangan dianalisis secara deskriptif untuk memastikan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I ke siklus II yaitu 73,65 menjadi 81,36 dengan persentase ketuntasan siklus I adalah 56,25% dan siklus II adalah 84,56%. Hasil observasi keaktifan belajar siswa yang dilakukan oleh observer pada siklus I berada pada kategori cukup aktif yakni 74,35% dan mengalami peningkatan setelah perbaikan pada siklus II menjadi 91,63% berada pada kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Disarankan kepada guru mata pelajaran IPS untuk menerapkan model Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas, dengan tetap memperhatikan alokasi waktu pelajaran, membimbing dengan masif setiap siswa di setiap kelompok dan penguasan sintak model TPS yang baik oleh guru.


Ketersediaan
2132458/SB/2020KKI 910 KES p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 KES p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 171Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Hasil Belajar Siswa
Model Pembelajaran Think Pair Share Keaktifan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik