Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D Pada Mata Pelajaran IPS SMP PGRI 1 Singosari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)dapat Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran (IPS) Siswa Kelas VIII D SMP PGRI I Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII D SMP PGRI I Singosari dengan jumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: tes, lembar observasi, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I ke siklus II yaitu adalah 76,43 ke 85,21dengan persentase ketuntasan 56.52%ke 91,30%. Hasil penelitian minat pada siklus I menunjukkan bahwa dari 23 siswa terdapat 2 orang siswasangat berminat, 3 orang siswa berminat, dan 18 orang siswa cukup berminat. Siklus II menunjukkan peningkatan nilai minat belajar yaitu: 13 orang kategori sangat berminat dan kategori berminat 10 orang.
Berdasarkan hasiltersebut dapatdisimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, sehingga disarankan kepada guru mata pelajaran IPS untuk menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) agar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
2132457/SB/2020 | KKI 910 WIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain