Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Jenggolo 01 Kepanjen Kabupaten Malang
Pembelajaran IPA dengan menggunakan model Learning Cycle 5 Fase berbantuan media video pada kelas eksperimen dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Dalam pembelajaran saat siswa diberikan perlakuan dan mengerjakan soal siswa dapat bekerjasama dengan teman sekelompok. Pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase akan lebih optimal jika dibantu dengan media pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan media video sebagai alat bantu pada saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV semester II Jenggolo Kepanjen Kabupaten Malang
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu pola nonequivalent contol group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa, dimana 48 siswa tersebut terbagi atas dua kelas yaitu kelas IVA digunakan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas IVB digunakan sebagai kelas kontrol dengan jumlah sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan data melalui tes objektif berupa pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran, uji daya beda, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.
Berdasarkan hasil belajar yang telah dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen sebesar 79.375 dan kelas kontrol sebesar 71.25. Selisih rata-rata anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 8.125, sedangkan hasil penelitian dengan analisis data yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai probabilitas (sig 2-tailed) sebesar 0.004 yang berarti lebih kecil dari signifikan 0.05. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha dapat diterima yang menyatakan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 01 Kabupaten Malang
2132456/SB/2020 | KKI 372 PUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain