Electronic Resource
Penerapan Pendekatan Whole Languange Untuk Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Kelas III SDN 2 Petungsewu Malang Tahun Ajaran 2018 2019
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Literasi verbal siswa kelas III SDN 2 Petungsewu Kab.Malang, ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 65. Literasi verbal merupakan sebuah tugas yang dianggap sulit karena siswa mengalami kesulitan dalam berbicara, perbendaharaan kata yang dimiliki siswa masih terbatas sehingga siswa kurang mampu mengungkapkan ide dan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pendekatan whole language dalam meningkatkan literasi verbal dan untuk mengetahui peningkatan literasi verbal pada hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan pendekatan whole language. Manfaat penelitian ini yaitu dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam
menerapkan pendekatan whole language dan juga dapat mengetahui tingkat keberhasilannya, serta memotivasi diri untuk meningkatkan proses belajar
mengajar yang kreatif dan inovatif dalam dunia pendidikan. Selain itu, dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis bagi siswa, guru, dan sekolah.Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur, yakni perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan kehadiran Peneliti. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan. Teknis analisis data dengan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan literasi verbal materi bercerita siswa. Rata-rata hasil belajar meningkat dari nilai 63 (prasiklus) menjadi 69 (siklus I) dan 85 (siklus II) Rata-rata skor aktivitas siswa meningkat dari 69 dengan kriteria baik (siklus I) menjadi 85 dengan kriteria sangat baik (siklus II) meningkat sebanyak 30%.Penelitian ini memberikan saran yaitu sebaiknya guru menerapkan pendekatan pembelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan dan memancing keaktifan siswa, guru dituntut aktif membimbing dan kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran, dan sebaiknya pendekatan whole language dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi verbal siswa sehingga siswa lebih mudah untuk menuangkan ide atau gagasan dengan lebih mudah
2132454/SB/2020 | KKI 372 ARI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain